Home Nusantara AWG Gelar Big Ride for Al Aqsa & Palestine,1300 Km Lintas Sumatera & Jawa

AWG Gelar Big Ride for Al Aqsa & Palestine,1300 Km Lintas Sumatera & Jawa

Bulan Solidaritas Palestina:

261
0
SHARE
AWG Gelar Big Ride for Al Aqsa & Palestine,1300 Km Lintas Sumatera & Jawa

JAKARTA - Parahyangan Post - Lembaga kemanusiaan yang berkonsentrasi pada pembelaan Palestina, Aqsa Working Group (AWG) mengadakan aksi gowes lintas Sumatera dan Jawa dengan titik finis di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Kegiatan yang dinamakan Gowes Cinta Al Aqsa ini merupakan rangkaian peringatan Bulan Solidaritas Palestina (BSP) 2022 yang diinisiasi oleh AWG.

Jarak tempuh tim Gowes Cinta Al Aqsa ialah sekitar 1.300 KM. Perjalanan ini tentunya memiliki banyak resiko, mulai dari jarak yang jauh, medan jalan yang tidak selalu mulus, hingga cuaca yang tidak menentu. Tetapi atas ridho dan pertolongan Allah subhanahu wa ta'ala, para peserta gowes dapat sampai di Jakarta dengan selamat pada Ahad, 27 November 2022.

"Kita menempuh jarak kurang lebih 1.300 KM dari dua arah yaitu dari arah Jambi menuju Jakarta (barat) dan Semarang menuju Jakarta (timur). Ini merupakan kegiatan besar yang penuh resiko tentunya karena melalui berbagai rute, medan jalan, dan cuaca yang tidak menentu, tapi alhamdulillah puji syukur karena Allah semua goweser (pesepeda) mampu melaksanakan tahapan-tahapannya walaupun melalui estafet di setiap biro," kata Ketua  Pelaksana BSP 2022, Ganjar Darussalam dalam sambutannya pada acara Penyambutan Tim Gowes Cinta Al Aqsa di Monas, Ahad (27/11) pagi.

Ganjar menyebutkan, aksi gowes ini melibatkan enam biro AWG, yaitu biro Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jabodetabek-Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah Utara (JTU). Terdapat 200 peserta gowes yang berasal dari enam biro tersebut. Para peserta pun terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari usia muda hingga tua.

"(Diikuti) dari berbagai usia kalangan, baik muda maupun tua, bahkan sepuh ada yang usia 60 tahun masih ikut dan Allah berikan kekuatan kepada mereka dan itu yang membuat mereka sampai di titik finis, mendorong niat mereka menjadi satu semangat yang besar tentunya dengan respon yang baik dari masyarakat," ujarnya.

Aksi gowes ini, kata Ganjar, adalah komitmen besar untuk konsistensi AWG dalam memperjuangan Masjid Al Aqsa dan kemerdekaan Palestina. Gowes Cinta Al Aqsa menjadi syiar, sosialisasi, dan edukasi kepada masyarakat, terutama pengurus AWG sendiri untuk ikut merasakan perjuangan berat itu.

"Ini gowes dari berbagai daerah, itu merupakan syiar, sosialisasi dan edukasi yang kita berikan, kita juga ingin merasakan, perjuangan berat menuju Al Aqsa itu harus dirasakan secara langsung oleh para pejuang kita," tuturnya. 

Kemudian, Ganjar menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang berkontribusi dalam menyukseskan aksi Gowes Cinta Al Aqsa ini. 

"Kami juga menyampaikan banyak terima kasih pada pihak-pihak terkait, para pendukung, sponsor, dan support yang diberikan para umaroh, asatidz kita, juga mitra-mitra AWG. Mudah-mudahan ini semua menjadi amal ibadah dan bernilai pahala, jihad fi sabilillah dan mendapat pahala surga dari Allah subhanahu wa ta'ala," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Presidium AWG, Rustam Effendi menjelaskan, Gowes Cinta Al Aqsa ini berbeda dengan aksi gowes pada umumnya. Pasalnya, tujuan dari kegiatan yang dilakukan oleh AWG adalah membangun kekuatan untuk membebaskan Masjid Al Aqsa. 

"Kegiatan Gowes Cinta Al Aqsa yang dilakukan oleh para pesepeda dari seluruh penjuru Nusantara ini sangatlah berbeda dengan kegiatan gowes yang lainnya, yang membedakan dengan gowes lain adalah niat. Kegiatan ini buka hal yang sepele. Apalagi tidak sebanding dengan perjuangan di Palestina. Ketahuilah kita sedang membangun kekuatan untuk membebaskan Masjid Al Aqsa," jelas Rustam.

Kegiatan gowes ini, sambungnya, dilakukan sebagai bentuk perwujudan komitmen AWG dan umat Islam dalam mengawal dan menjaga kemuliaan serta keagungan Masjid Al Aqsa Aqsa sebagai kiblat pertama umat Islam.

"Gowes Cinta Al Aqsa dilakukan secara Estafet dari wilayah barat dimulai dari Jambi - Palembang, Palembang - Lampung dan Lampung - Banten serta Banten- Jakarta kemudian dari sebelah timur dari Semarang - Cirebon, Cirebon - Cikapek, lalu Cipaek - Jakarta. Menempuh jarak ribuan kilo," ungkapnya. 

Rustam menyatakan, AWG berkomitmen akan selalu melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran umat Islam akan kewajibannya membela Palestina dan Masjid Al Aqsa. 

"AWG akan selalu melalukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kesadaran kaum muslimin akan kewajiban membela Masjid Al Aqsa sebagai tuntutan aqidah Islam serta menyatukan langkah kaum muslimin untuk mengerahkan segala daya dan upaya agar Al Aqsa terbebas," ucapnya.

Ia juga mengapresiasi kepada seluruh perserta Gowes Cinta Al Aqsa yang telah menyukseskan acara BSP 2022 dengan ucapan Jazakumullah Khairan Katsiran.

Acara penyambutan Gowes Cinta Al Aqsa diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, lagu Indonesia Raya, hingga doa untuk korban gempa Cianjur.

Kegiatan ini pun dihadiri oleh salah satu tokoh inspiratif, Muhammad Fauzan. Ia telah menempuh perjalanan dari Indonesia ke Makkah, Arab Saudi lalu Masjid Al Aqsa, Palestina dengan menggunakan sepeda.

Bulan Solidaritas Palestina

November dipilih menjadi Bulan Solidaritas Palestina karena setidaknya ada empat peristiwa penting yang diperingati oleh rakyat Palestina dan dunia:

• Deklarasi Balfour 02 November 1917
• Kematian Yasser Arafat, 11 November 2004
• Deklarasi Palestina Merdeka, 15 November 1988
• Hari solidaritas Palestina sedunia yg ditetapkan oleh PBB sejak 1979 setiap tanggal 29 November.

Berdasarkan beberapa peristiwa bersejarah di atas, AWG memilih November menjadi Bulan Solidaritas Palestina dan akan diperingati setiap tahun.

Kegiatan BSP 2022 dilaksanakan secara serempak di berbagai daerah di Indonesia. Bahkan kegiatan ini pun turut digelar di Gaza, Palestina.

"Kegiatan BSP,  alhamdulillah dilakukan secara serempak diseluruh wilayah di Indonesia dan juga dilakukan di Gaza, Palestina," ujar Presidium AWG, Rustam Effendi. 

BSP tahun ini adalah kali kedua setelah diselenggarakan perdana pada 2021 lalu. Agenda tahunan ini bertujuan sebagai upaya mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk merdeka dari penjajahan Zionis Israel dalam rangka pembebasan Masjid Al Aqsa. Dengan BSP, AWG juga ingin menyerukan pada seluruh elemen bangsa Indonesia untuk terus teguh pada komitmen anti penjajahan sesuai amanat UUD 1945 alinea pertama.

Pelaksanan BSP menjadi bagian dari edukasi kepada generasi muda tentang usaha-usaha pembebasan Al Aqsa dan membantu kemerdekaan Palestina. Selain itu, BSP 2022 juga menjadi wadah untuk menyerukan penolakan kehadiran Timnas Israel pada gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun 2023.

BSP 2022 digelar selama sebulan penuh dan dimeriahkan dengan beragam kegiatan. Mulai dari tingkat anak-anak seperti lomba mewarnai, menggambar, lalu tingkat SMP/SMA sederajat dengan lomba menulis artikel, cerpen, hingga ke tingkat mahasiswa dengan aneka perlombaan seperti pembuatan konten video 1 menit untuk reels instagram.

Selain itu, ada pula Futsal Liga Santri, Pengibaran Bendera Indonesia & Palestina di puncak gunung Muria Kudus, hingga Gowes Cinta Al Aqsa dari Jambi dan Semarang dengan titik finis di Monas, Jakarta.

Tidak hanya itu, acara ini pun dilengkapi dengan Webinar, Millenial Peacemaker Forum, Forum Duta Al Quds, hingga Sarasehan yang tentunya menghadirkan para tokoh dari berbagai elemen, seperti akademisi, tokoh agama, Kementerian Luar Negeri, Duta Besar Palestina hingga lembaga-lembaga kemanusiaan seperti Medical Emergency Rescue Committee (MER-C).

Kontak

Website : www.aqsaworkinggroup.com
Email : awg.saveaqsa@gmail.com
Instagram : @aqsaworkinggroup @bulansolidaritaspalestina @maemunaofficial
Twitter : @awgsaveaqsa
Tiktok : PalestineSolidarityMonth
Narahubung :  081227272317 (PJ Humas BSP 2022/Arina)

#BebaskanMasjidAlAqsadanPalestina
#AlAqsaHaqquna
#TolakTimnasIsrael