Home Edukasi Aku Sudah Tua dan Lelah, Saatnya digantikan yang Lebih Tangguh

Aku Sudah Tua dan Lelah, Saatnya digantikan yang Lebih Tangguh

727
0
SHARE
Aku Sudah Tua dan Lelah, Saatnya digantikan yang Lebih Tangguh

Tertawa di atas penderitaan orang lain, mungkin kita sering mendengar kalimat ini. Tapi kemarin kami tertawa di atas musibah diri sendiri. 

Ceritanya begini: Pada hari Sabtu-Ahad, 12-13 Maret lalu Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Semarang mengadakan acara camping di bumi perkemahan Pesantren Lansia Raden Rahmat. 

Acara ini hasil kolaborasi antara ACT dan Pesantren Lansia. Ke depan kami sepakat bergandengan tangan untuk melayani, membahagiakan dan memberdayakan kaum lansia. 

Nah, saat turun dari bumi perkemahan menuju base camp, mobil tua yang sudah 7 tahun membersamai saya dalam kegiatan kerelawanan itu terperosok nyaris nyemplung ke jurang yang dalamnya 150 meter. Syukurlah, ada pohon langsat di bibir jurang, sehingga mobil kami terselamatkan. Memang, jalan cor menuju ke bumi perkemahan itu lebarnya hanya 2.5 m.

Tak ada yang tegang. Foto2 ini memperlihatkan bagaimana para relawan tetap bisa selfie dan tertawa di tengah "musibah" yang bisa saja merenggut nyawa. Jiwa kerelawanan benar-benar telah menjadi ruh perjuangan. 

Pasca kejadian itu, saya merenung. Mungkin mobil berumur 20 tahun itu sudah kecapekan, menemani kami wira-wiri menembus lumpur, menerjang hujan, menghajar jalanan terjal. Mungkin ini kode dari langit, bahwa Allah akan mengganti mobil ini dengan yang lebih kokoh, lebih kuat, lebih cocok dengan medan dakwah kami yang menanjak, sempit dan berkelok-kelok.

Mungkin ini juga kode dari Allah untuk sahabat dermawan sekalian yang membaca cerita ini. Siapa tahu ada yang tertarik untuk saweran gotong royong menggantikan mobil tua ini dengan yang lebih tangguh.

(win/pp)