Home Edukasi 3 Program Unggulan SMA Muhi : RISET, PSIKOMOTORIK BAHASA, DAN KLINIK MATEMATIKA

3 Program Unggulan SMA Muhi : RISET, PSIKOMOTORIK BAHASA, DAN KLINIK MATEMATIKA

121
0
SHARE
3 Program Unggulan SMA Muhi : RISET, PSIKOMOTORIK BAHASA, DAN KLINIK MATEMATIKA

YOGYAKARTA - Parahyangan Post - Intelek nan islami, ilmiah, dan terampil. Inilah kata-kata yang patut ditujukan untuk SMA Muhi. Selain mencetak generasi islami, sekolah pun juga mencetak para peneliti muda dan mengembangkan keterampilan para siswanya.  Lewat Program Riset, Psikomotorik Bahasa, dan Klinik Matematika, pada tahun ajaran 2022 / 2023 ini sekolah memfasilitasi siswa dalam melaksanakan penelitian, pengembangan keterampilan berbahasa, dan penguatan ilmu dibidang matematika. Program ini adalah sebagai bentuk pengembangan dari empat kompetensi yang harus dimiliki siswa di abad 21 yang disebut 4C, yaitu Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity (kreativitas), Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama). 

Program riset adalah kegiatan penelitian yang dilaksanakan oleh siswa kelas XI yang terbagi dalam bidang IPA dan IPS. Bidang IPA meliputi Fisika, Kimia, dan Biologi. Bidang IPS meliputi Ekonomi, Sejarah, Geografi, dan Sosiologi. Siswa akan mendapatkan ilmu mengenai seluk beluk penelitian. Selanjutnya, siswa secara berkelompok akan melaksanakan penelitian di lapangan, dibimbing oleh guru pembimbing yang profesional dibidangnya. Tujuan program ini adalah untuk  membekali siswa, khususnya saat nanti di perguruan tinggi, dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Secara umum, bertujuan untuk menciptakan para peneliti-peneliti muda yang dapat memberikan manfaat bagi kehidupan.

Program Psikomotorik bahasa adalah kegiatan pengembangan keterampilan berbahasa untuk siswa kelas X yang dilaksanakan setiap selasa. Bidang ini meliputi bahasa Indonesia, bahasa Inggris, bahasa Jawa, dan bahasa Arab. Khusus bahasa Inggris, terbagi dalam 3 program, yaitu Speech, Story Telling, dan News Reading. Semua siswa memilih program sesuai dengan minatnya. Siswa mendapatkan ilmu dan praktik pengembangan keterampilan berbahasa sesuai dengan minatnya. Masing-masing bidang diampu oleh guru yang ahli dibidangnya. Masing-masing bidang, mempunyai tujuannya sendiri. Bahasa Indonesia menguatkan literasi baca tulis dan skill berbahasa siswa. Bahasa Inggris yaitu meningkatkan potensi siswa berbahasa internasional. Bahasa Jawa menguatkan budaya asli Indonesia dan bahasa Arab menguatkan potensi siswa dalam berbahasa Arab. 

Klinik Matematika adalah program khusus untuk membantu siswa kelas X dan XI dalam penguasaan ilmu matematika. Dilaksanakan setiap hari senin, bergantian kelas X dan XI. Kegiatan ini berupa pembimbingan rutin berupa pendalaman materi dan pemberian tips-tips menyelesaikan soal-soal matematika. Siswa  tentu dibimbing oleh guru profesional dibidangnya. Tujuan program ini adalah memberikan solusi bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam pelajaran matematika. Selain itu juga untuk menguatkan program literasi numerasi siswa. 

“Siswa selain islami, tetapi juga kokoh dibidang ilmiahnya. Keilmuan kita pun bagus, sejajar dengan negara lainnya. Saya ingin terbentuk siswa yang islami dan intelek dengan berbagai keterampilan di dalamnya, sehingga ke depan mereka bisa bermanfaat untuk negara, bangsa dan agama.” ungkap harapan Bu Ema Ambarwati, M.Pd., selaku Kepala Laboratorium SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap selesai pembelajaran mulai pukul 14.25 – 16.10 WIB dengan diselingi istirahat sholat ashar berjamaah. Para siswa terlihat sangat antusias dan sangat senang dengan program ini. 

Drs. H Herynugroho, M.Pd selaku Kepala SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta menyatakan sekolah telah siap menjawab tantangan zaman dengan membekali peserta didik kemampuan yang dibutuhkan menghadapi era industri 4.0 dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai dasar yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menjadi pondasi dalam menjawab beragam jenis tantangan zaman. “SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta terus berkomitmen untuk membentuk generasi berakhlaqul karimah, cerdas dan tanggap menghadapi perubahan zaman dengan memberikan pengalaman belajar berkonsep islami dan modern sesuai perubahan zaman sesuai amanah dari Persyarikatan Muhammadiyah dan masyarakat luas” pungkas beliau.

(Yusron A/PP)