Home Ekbis Inginkan Produk UMKM Bekasi Raya go Internasional

Inginkan Produk UMKM Bekasi Raya go Internasional

Ketua PENA ’45 JABAR Aini Kartaatmaja

566
0
SHARE
 Inginkan  Produk UMKM Bekasi Raya go Internasional

Keterangan Gambar : Ketua Pendopo Nusantara ’45 (PENA ’45) Jawa Barat Aini Kartaatmaja. (foto ist)

Bekasi,parahyangan-post.com-Beberapa produk unggulan yang dikembangkan oleh Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Bekasi Raya sudah layak dieskpor ke manca negara. Terutama ke negara-negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Bahrain dan Qatar. Hal tersebut disampaikan ketua Pendopo Nusantara ’45 (PENA ’45) Jawa Barat Aini Kartaatmaja.

“Ada beberapa makanan ringan (cemilan) dan minuman kesehatan yang menurt saya bisa menembus pasar ekspor, terutama ke negara-negara Timur Tengah. Diantaranya Tekwan Mak Elly, Dimsum Mak Elly, Monjawang, kue bawang keju wijen dan kue bawang merah,” tutur Aini saat bincang-bincang dengan parahyangan-post.com di sekretriat PENA ’45 Jawa Barat, kawasan pertokoan Galaxi, Bekasi, Selasa, 11/12.

Itu semua, lanjut Aini, adalah produk kuliner yang dikembangkan oleh UMKM yang bergabung dengan PENA ’45 Jawa Barat.

Khusus Monjawang, lanjut Aini, produk ini adalah minuman suplement yang telah teruji  secara klinis mampu memulihkan bermacam penyakit dan menjaga kesehatan. Diantaranya menghancurkan kolesterol dan lemak jahat dalam darah, mencegah kanker, menurunkan darah tinggi dan meningkatkan imutitas (kekebalan) tubuh.

Monjawang sendiri adalah produk olahan yang terdiri dari Lemon, jahe, bawang tunggal, cuka apel dan madu.

Selain produk kuliner, produk-produk khas Bekasi lainnya, seperti batik Bekasi, juga mampu menembus pasar ekspor.

“Kami akan membantu mereka mengembangkan produk dan mencarikan pasar internasional,” tutur Aini.  

 

Akan Dihadiri Sandiaga Uno

 

Aini Kartaatmaja  yang baru saja teripilih sebagai  ketua DPD PENA ‘45 Jawa Barat telah menyusun beberapa agenda penting. Diantaranya, dalam waktu dekat akan melakukan pelantikan pengurus dan peresmian sekretariat pada tanggal 12 Januari 2020. Pada kegiatan tersebut akan digelar pula bazar yang menampilkan produk-produk unggulan mereka.

“Bazar akan dibuka oleh Bapak Sandiaga Uno. Pak Sandi adalah Dewan Pembina PENA ’45,” terangnya.

Pada pelantikan tersebut, lanjut Aini, pihaknya  akan mengundang seluruh pemangku kuasa di kota dan di kabupaten Bekasi. Seperti Pak Bupati dan anggota DPRD, pengusaha dan pengurus partai.

Pihaknya juga akan mengundang ormas-ormas, baik yang bergerak di bidang ekonomi kerakyatan, sosial maupun agama. Seperti Pepes, Kompas,  Alumni 212,  GNPF, FBR dan FPI.

“Pokoknya semuanya kita undang  untuk menghadiri acara pelantikan tersebut,” tambah Aini.

 

Tiga Fokus

 

Lebih jauh Aini menjelaskan, pada periode pertamanya ini, dia akan fokus ke tiga topik utama yang akan dikembangkan, yaitu UMKM, Pendidikan dan Seni Budaya.

“Perlu saya tegaskan PENA ’45 ormas lintas partai. Setelah Pilpres selesai, tidak adalagi istilah 01, 02. Kita semua sama dan akan saling bahu membahu membangun bangsa. Pada periode awal ini saya ingin fokus mengembangkan tiga tema besar ini, yaitu UMKM, Pendidikan dan seni budaya,” terangnya.

Mengapa tiga fokus ini ingin digarap? Menurut Aini, karena ketiganya membutuhkan keterlibatan lebih banyak pihak agar bisa maju.

“Kita ingin menyumbangkan potensi yang ada pada kita untuk meningkatkan dunia pendidikan di tanah air,  terutama yang ekstra kurikuler. Kemudian juga meningkan usaha kecil menengah dan mengembangkan seni budaya. Tentunya kita akan bekerjasama dengan pemerintah dan pihak lain. Sebab  untuk memajukan ketiga tema besar tersebut tidak bia dilakukan oleh kelompok-kelompok tertentu. Harus melibatkan semua kompnen bangsa,” tutupnya.*** (aboe)