Nusantara

UPT Panmas Larang LKS Dari Luar

Administrator | Selasa, 09 Agustus 2016 - 23:41:46 WIB | dibaca: 970 pembaca

Depok, Parahyangan-post.com - Tidak seperti tahun lalu, semua SDN se-Kecamatan Pancoran Mas pada semester genap tahun 2016 ini tidak lagi menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) dari luar sekolah pasalnya yang dari luar itu hanyalah kumpulan soal dan tidak sesuai dengan apa yang di ajarkan oleh tiap Guru di sekolah masing-masing. 

Larangan penggunaan LKS luar itu terungkap saat Kepala SDN Rangkapan Jaya, Hanafi mensosialisasikan pentingnya Dapodik bagi siswa serta program sekolah, Sabtu (6/8) di salah satu ruang kelas sekolah tersebut.

Dihadapan para orang tua siswa kelas 4 SDN Rangkapan Jaya yang terdiri dari 4 Rombel tersebut, Hanafi menyebutkan bahwa kini sekolah tersebut tidak lagi menggunakan LKS.  "Saya melarang keras menjual maupun membeli LKS", tukasnya.

Ketika di konfirmasi, Kepala UPT Pendidikan TK/SD, Sukarjo, SE di ruang kerjanya Selasa (9/8) membenarkan hal itu lantaran itu merupakan instruksi darinya. Pada dasarnya Dia tidak melarang distributor menjual LKS dan tidak melarang Orang tua membelinya namun ditegaskannya, mulai tahun ini SDN di Pancoran Mas tidak menggunakan LKS dari luar, sebagai gantinya para Guru diwajibkan membuat lembar kerja tersebut.

Menurut hematnya, sangat tidak relevan jika siswa menggunakan kumpulan soal itu dari luar pasalnya ada perbedaan antara yang diajarkan guru dengan isi LKS dari luar tersebut. "LKS itu harus guru yang membuat bukan dari orang lain karena guru yang paling tahu tema maupun sub tema yang diajarkan pada anak didiknya, bila menggunakan LKS dari luar akan terdapat perbedaan", imbuhnya.

Sebagai gantinya, tambah Sukarjo, guru yang akan membuat LKS setelah mereka memberi pelajaran kepada anak didik sebagai bahan penilaian kemampuan anak didik mereka.

Senada dengan itu, Kepala SDN Rangkapan Jaya Baru, Sarmili bersama dengan itu menegaskan hal itu untuk menumbuhkan kembali kreatifitas para guru. "LKS itu harus dibuat oleh guru bukan orang dari luar sebab guru yang tahu apa yang telah diajarkan ke siswa, sehingga siswa dapat menjawab soal yang telah mereka pelajari dari guru", pungkasnya. (rik/pp)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)