Siaran Pers

Pemilu

Seruan Majlis-Majlis Agama: Hentikan Jual Beli Suara

Administrator | Kamis, 03 April 2014 - 03:57:03 WIB | dibaca: 23893 pembaca

Jakarta, parahyangan-post.com Menjelang pemilu 9 April politik transaksional atau jual beli suara  semakin nyata dan terang-terangan. Jika  sebelumnya kisaran  harga suara masyarakat dibandrol  Rp. 150.000/suara, maka semakin mendekati hari H, harganya naik. Di Medan, Sumatera Utara satu suara sudah dihargai Rp. 450.000,-/ suara, dan transaksinya terang-terangan di lapo-lapo tuak

Di sisi lain berkembang  pula kelompok masyarakat yang melakukan transaksi model NPWP dan Golput. NPWP di sini bukan nomor peserta wajib pajak, melainkan Nomor Piro Wani Piro (Nomor Berapa Beraninya Berapa), sedangkan Golput yang dimaksud adalah Golongan Penerima Uang Tunai.

Maraknya politik uang tersebut mencemaskan kaum agamawan karena sangat mencederai demokrasi, melanggar akidah dan tidak bertanggung jawab. Sebagian majlis ulama, seperti MUI,  telah menfatwakan bahwa politik uang itu haram.Untuk itu mereka menyampaikan seruan agar politik uang dihentikan.

Seruan  majelis  agama yang diprakarsai Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), Kementerian Agama RI  disampaikan di hotel Borobudur, Jakarta, Rabu 2 April, dihadiri oleh Ketua Matakin WS Wawan Wiratma, Wakil Widya Shaba dari Walubi Mpu Suhadi Sendjaja, Ketua KWI Romo Edi Purwanto, Ketua PHDI Mayjen TNI (purn) SN Suwisma, Ketua PGI Pdt Gomar Gultom, Perwakilan MUI Saifullah Maksum. Seruan dibacakan oleh Suhadi Sanjaya. Juga ikut menyaksikan Sekjen Kemenag Bahrul Hayat dan Wamenag Nasaruddin Umar.

Ketua FKUB Mubarok menyatakan, himbauan yang diprakarsai pihaknya itu murni dari kementerian agama, bukan atas pesanan salah satu partai peserta pemilu, .sebagai tanggung jawab moral untuk menghasilkan pemilu yang berkualitas, yang pada  akhirnya memunculkan tokoh-tokoh  atau pemimpin yang kredibel.

Selain itu, Majelis-majelis agama menyerukan kepada masyarakat yang memenuhi persyaratan sebagai pemilih agar menggunakan hak pilihnya secara bertanggungjawab disertai sikap penuh optimisme dan tidak bersikap golput (golongan Putih - tidak menggunakan hak pilih-red) , demi kelangsungan pembangunan bangsa yang menempatkan agama sebagai landasan etik, moral dan spiritual.

Majelis Agama juga menyerukan kepada semua partai politik agar sungguh-sungguh berlaku jujur dan adil dengan menempatkan kerukunan dan persatuan bangsa sebagai landasan utama pelaksanaan pemilu serta menghindari terjadinya pertentangan di masyarakat.

Seruan yang dibaca oleh Suhadi Sanjaya (Walubi) meminta penyelenggara pemilu agar melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya serta memegang teguh sikap amanah, adil, jujur dan bertanggungjawab, dengan berpedoman pada ketentuan hukum dan peraturan perundangan-undangan sehingga dapat dihindari kemungkinan berkurangnya nilai obyektivitas hasil pemilu 2014.

Selain itu menyerukan kepada para calon legislatif dan calon pimpinan bangsa dalam meraih dukungan harus menghindarkan diri dari perilaku buruk seperti menggunakan isu-isu primodial, mengadu domba, menggunakan politik uang dan black campaign dengan mengedepankan etika dan moral serta semangat persatuan dan solidaritas kebangsaan.

Dalam kesempatan ini, Wamenag Nasaruddin Umar mengatakan, seruan yang disampaikan majelis-majelis agama merupakan inisiatif dari tokoh-tokoh agama.

“Keterlibatan tokoh-tokoh agama dalam pemilu memberikan suasana batin yang kuat. Seruan ini perlu diapresiasi,” ujarnya.

Syaifullah Maksum, yang mewakili MUI berharap pemilu keempat di era reformasi menjadi pemilu yang betul-betul demokrasi. “Jangan sampai terjadi seperti singkatan NPWP yang diplesetkan, nomor piro wani piro,” ucapnya. (Lutan)










Komentar Via Website : 20
Cara Mengobati Tipes
03 April 2014 - 08:34:49 WIB
terima kasih banyak gan atas informasi dan beritanya..
salam pagi

http://goo.gl/tJUpPa
Obat Tradisional Gagal Jantung
03 April 2014 - 08:40:57 WIB
Sukses itu tidak didapat dari malas-malasan tetapi dari kerja keras yang dilakukan.

. Semangat Pagiiii!!
Cara Mengobati Komplikasi
03 April 2014 - 08:44:18 WIB
Informasinya sangat menarik sekali.
ditunggu ya informasi selanjutnya.

Semoga bermanfaat
http://goo.gl/uaqpGr
http://goo.gl/vJxZr7
http://goo.gl/4sCe8n
http://goo.gl/Y1pT4L
http: //goo.gl/pxBcv3
http://goo.gl/OeMKL0
http://goo.gl/ w0jsQC
http://goo.gl/jLrZHT
http://goo.gl/M0mCPd
Cara Mengobati Komplikasi
03 April 2014 - 08:45:12 WIB
Informasinya sangat menarik sekali.
ditunggu ya informasi selanjutnya.

Semoga bermanfaat
http://goo.gl/uaqpGr
http://goo.gl/vJxZr7
http://goo.gl/4sCe8n
http://goo.gl/Y1pT4L
http: //goo.gl/pxBcv3
http://goo.gl/OeMKL0
http://goo.gl/ w0jsQC
http://goo.gl/jLrZHT
http://goo.gl/M0mCPd
Obat Tradisional Infeksi Saluran Kencing
03 April 2014 - 08:53:16 WIB
.hari ini semangat !!!!!

.Terimakasih telah berbagi infonya
Obat Radang Sendi
03 April 2014 - 09:10:09 WIB
selamat pagi kawan dan salam sejahtera . . .mari kita cari berkah hari ini agar hidup lebih indah !!!
http://goo.gl/w7Arpr
Obat Herbal Demam Berdarah
03 April 2014 - 09:11:40 WIB
Terimakasih atas informasinya
obat tradisional wasir berdarah
03 April 2014 - 09:13:35 WIB
semua manusia sama,,bermuka 2..
sanes kitu baraya ???
http://goo.gl/SFiZga
http://goo.gl/wRThXi
obat kanker payudara
03 April 2014 - 16:46:36 WIB
terimakasih informasinya, ikut menyimak saja gan :D
http://wp.me/4qUgi
http://goo.gl/OsKRQ2
Cara Mengobati Liver
04 April 2014 - 07:12:01 WIB
Informasinya sangat menarik sekali.
ditunggu ya informasi selanjutnya.

Semoga bermanfaat
http://goo.gl/WDoSqx
http://goo.gl/uaqpGr
http://goo.gl/vJxZr7
http://goo.gl/4sCe8n
http: //goo.gl/Y1pT4L
http://goo.gl/pxBcv3
http://goo.gl/ OeMKL0
http://goo.gl/w0jsQC
http://goo.gl/jLrZHT
nhttp://goo.gl/M0mCPd
AwalKembali 12 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)