Seni Budaya

Pentas Seni

Seniman Bogor Sangat Antusias Sukseskan Jambore Susatra

Administrator | Minggu, 06 Agustus 2017 - 14:17:15 WIB | dibaca: 301 pembaca

Panitia dan seniman Jambore Susastra Jawa Barat, foto bersama usai acara pra Jambore di Savana Camp, Bogor, Sabtu 5/8. (foto Rd)

Bogor, parahyangan-post.com Seniman dan pegiat kesenian Bogor sangat antusias akan digelarnya  “Jambore Susastra Jabar”  pada  25-27 Agustus mendatang. Hal tersebut tampak pada acara pra-Jambore yang diselenggarakan  di Savana Camp,  Jl Semeru 96, Bogor, Sabtu 5/8, malam.

Sejumlah seniman dan pegiat kesenian Bogor hadir dan ikut mengisi acara itu, diantaranya ketua Dewan Kesenian Bogor Erwin Suryana,  pemusik tradisional  Sunda Gola,  Bambang Sumantri dan Dawak Faturrahman.  Juga tampak seniman dari Subang  Pardong , penyair Purwokerto  Hamidin Krazan dan seniman Depok Torben Rando Oroh.  Acara diisi dengan pertunjukkan musik karinding oleh Gola , baca puisi dan diskusi kesenian.

Pra Jambore digelar dalam rangka ‘pemanasan dan perkenalan’ kepada masyarat terutama para stake holder  di Pemkab Bogor dan kalangan pengusaha.

“Partisipasi  kalangan pengsaha untuk menyukseskan Jambore Susastra Jabar ini sangat penting, mengingat  Jambore Susastra perlu dukungan dana untuk penyelenggaraan,” papar Penasehat  Kosa Jabar, Erwin Suryana dalam acara diskusi.

Pertama

Lebih jauh Erwin mengatakan Jamborea Susastra Jawa Barat yang  digagas oleh KOSA JABAR merupakan yang pertama kali.  Untuk itu ia mengajak seluruh seniman Bogor menyukseskan dengan segala kemampuan, karena akan memperlihatkan kepada dunia kekayaan asli Bogor.

 “Sebagai tuan rumah  saya ingin acara ini sukses dan menjadi acuan di daerah lain nantinya,” papar Erwin.

Sementara itu ketua panita Jambore Susatra Jawa Barat,  Putra Gara mengatakan, antusiasme tidak hanya tampak dari masyarakat dan seniman Bogor tetapi juga dari luar.

“Sampai hari ini sudah masuk sekitar 300 naskah, baik berupa cerpen maupun puisi. Sementara kita hanya mempu mengakomodasi sekitar 60 peserta. Dengan perincian 50 seniman dari Jawa Barat dan 10 dari luar Jawa Barat,” papar penulis novel sejarah Samudera Pasai ini.

Pengiriman naskah, lanjut Gara,  merupakan syarat utama untuk menjadi peserta. Karya para peserta nantinya akan dibukukan dan di launching pada kegiatan. Pengumuman peserta yang karyanya lolos  seleksi akan dilakukan minggu depan.

Diterangkan Gara, Jambore Susastra Jawa Barat  yang  mengambil tema “Dari Bumi Tegar Beriman Memperat Bangsa”  berlangsung selama tiga hari, dengan agenda diantaranya, baca puisi, seminar sastra, workshop dan kunjungan ke situs-situs bersejarah di Bogor.*** (aboe)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)