Seni Budaya

Sebanyak 21 Perupa Gelar Pameran, Indonesia Local Genius

Administrator | Jumat, 04 Oktober 2019 - 16:31:20 WIB | dibaca: 168 pembaca

JAKARTA (Parahyangan–Post.com) --  Sebanyak 21 Perupa menggelar pameran bersama bertajuk “Indonesia Local Genius” di Balai Budaya Jakarta, Jl.Gereja Theresia 47, Jakarta Pusat. Pameran digelar dari tanggal 03 – 09 Oktober 2019. 

Pameran bersama karya Seni Rupa
“Indonesia Genius” di buka dan diresmikan oleh Mayjen TNI (Purn) Dr Syamsu Djalal, SH, MH, Kamis (03/10). Hadir  pada acara pembukaan tersebut Ketua Balai Budaya Jakarta, Syahnagra Ismail, serta para tokoh dan pelukis senior serta tamu undangan lainya. 

Dalam kata sambutanya Mayjen TNI (Pur) Dr Syamsu Djalal, SH, MH menyampaikan bahwa kesenian yang dilakukan dengan kejujuran jauh lebih membuat hubungan silaturahmi kita semakin harmonis. Karena dari pemakluman yang tinggi pada keragaman gaya dan aliran seni, kita dapat menoleransi pada kebedaan pihak lain yang masih dapat kita ajak untuk bekerja sama. 

Lebih lanjut menurut mantan Komandan Pusat Polisi Militer (Dan Puspom) ABRI, Pelukis harus menjadi pencatat, pendokumen, pengkritik dan pemberi masukan dalam mengatasi persoalan-persoalan bangsa, lewat karya seninya, pelukis menawarkan problem solving bagi kehidupan yang sedang berlangsung. 

“Pelukis tidak melupakan potensi karya seni masa lalu, namun tidak pula gagap terhadap teknologi yang semakin canggih. Berkaryalah dengan memadukan nilai sejarah dengan kemajuan teknologi dan memadukan kedisiplinan dengan ketajaman instuisi,”jelas Syamsu Djalal. 

Sementara itu Ketua Balai Budaya, Syahnagra Ismail menyampaikan, Balai Budaya Jakarta menyambut gembira karya seni rupa yang bertajuk
“Indonesia Local Genius”. Ditengah maraknya perkembangan seni rupa, yang peduli mengangkat potensi kebudyaan di masa lampau. 

Local Genius
, lanjut Syahnagra Ismail adalah suatu usaha untuk mengangkat kembali akar kebudayaan menjadi sebuah perenungan dan sebuah kreativitas yang bisa kita lihat bersama. Di dalamnya menurut pria yang selalu tampil nyentrik ini, didalamnya juga terdapat suatu usaha untuk menyatukan perbedaan menjadi suatu kebersamaan yang menarik. 

Ireng Halimung selaku koordinator pamerang
Indonesia Local Genius, ditengah maraknya wacana tentang seni rupa kontemporer di Indonesia, masih banyak pelukis (perupa) yang peduli dan bertanggung jawab dalam mengangkat  aktivitas dan produk kebudyaan dimasa lampau atau kesenian daerah yang masih ditradisikan saat ini. 

“Kami sangat mengapresiasi nilai-nilai
‘genuin’, kearifan lokal (local wisdom), folklor, dan potensi kebudayaan di tengah masyarakat yang dikategorikan sebagai local genius,” jelas pria yang memiliki hobi melukis sejak kecil dan aktif dalam Sanggar Garajas Bulungan ini. 

Pameran bersama karya seni rupa,
Indonesia Local Genius ini seolah menjadi penawar bagi para penggiat, pencinta dan pemerhati seni lukis ditengah era teknologi informasi saat ini. Disamping itu ajang pameran ini seolah menjadi wahana reuni dan silutarahmi bagi para seniman, khususnya pelukis dari berbagai generasi, yang selama ini tidak saling berjumpa karena aktivitas dan kesibukannya masing-masing. 

Suwarno, salah seorang pengunjung menuturkan kepada tim media ini, bahwa pameran ini seolah menjadi ajang reuni bagi para senior dan junior berbagai angkatan khususnya yang selama ini berkiprah dalam dunia seni lukis. 

“Saya sangat senang berada ditengah-tengah para pelukis senior yang selama ini karya-karyanya dikenal luas ditengah masyarakat kita, namun baru kali ini saya bisa bertemu langsung,”ujar Suwarno warga Ciledug, Tangerang Selatan yang secara khusus datang langsung dalam pembukaan pameran tersebut.

 

(ratman/pp)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)