Hukrim

Ratusan handphone hasil razia Rutan Depok selama 2018 di musnahkan

Administrator | Senin, 31 Desember 2018 - 23:17:23 WIB | dibaca: 392 pembaca

DEPOK, Parahyangan-post.com -  Tindakan pengamanan barang elektronik terlarang berupa HP yang coba di selundupkan dan dipakai para warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) klas IIB Depok, mencapai ratusan, dan benda terlarang lainnya, seperti senjata tajam dan benda yang terbuat dari besi. Hal tersebut diungkapkan kepala rutan klas IIB depok, saat jumpa wartawan di ruang kunjungan Rutan Cilodong, Depok, Jawa Barat.

"Barang hasil razia tersebut sebelumnya kita tampung di menara yang bisa dilihat oleh pengunjung, dengan maksud agar pengunjung melihat dan turut membantu dengan tidak menyelundupkan ke dalam Rutan saat berkunjung," jelas Karutan Depok Bawono Ika Sutomo, Senin 31/12/2018.

Ditambahkan, dari hasil razia yang dilakukan secara rutin setiap minggunya oleh petugas keamanan Rutan, dari awal tahun 2018 hingga akhir 2018, petugas berhasil menyita barang barang terlarang tersebut sebanyak 201 buah handphone (HP), 2 buah charger, 63 buah baterai HP,  dan 9 buah power bank.

Dari penguatan jajaran pengamanan dalam melaksanakan tugas, dengan pemeriksaan terhadap para pengunjung yang mau membesuk keluarganya di Rutan Depok, Karutan Depok Bawono, menjelaskan ada pengunjung yang mencoba memasukkan HP dengan modus di masukkan ke dalam pembalut wanita, atau disembunyikan di barang bawaan pengunjung, namun berhasil di ketahui oleh petugas dipemeriksaan kunjungan.

"Alhamdulillah petugas kami yang sudah terlatih dapat mengetahui jika ada pengunjung yang membesuk dengan melakukan pemeriksaan yang intensif," kata Bawono.

Dijelaskan Karutan, sebagai sarana penunjang untuk warga binaan berkomunikasi maka pihak Rutan Depok kemudian menyediakan sarana untuk komunikasi para warga binaan dengan keluarganya di sediakan beberapa wartel di masing masing blok.

Narkoba 50gr
Selain HP, jelas Karutan Bawono, hasil sidak petugas dan pemeriksaan secara intensif,  petugas juga berhasil mengamankan barang terlarang narkoba jenis sabu Shabu dan lainnya sebanyak 50 gram.

"Narkoba hasil temuan petugas Rutan kita proses dan serahkan pada pihak jajaran berwenang seperti BNN dan Kepolisian, untuk ditindak lanjuti proses hukumnya," kata karutan.

Narkoba dan warga binaan yang berhasil diamankan sudah diserahkan kepada yang berwenang untuk proses hukum selanjutnya.
Sementara barang terlarang berupa HP yang berhasil diamankan petugas kemudian dimusnahkan dengan dibakar dalam tong setelah digelar di atas meja di halaman Rutan Depok.

(To/Humas Rudep/PP)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)