Edukasi

Prestasi Junior Indonesia dan HSBC Indonesia Rayakan Satu Dekade Komitmen Cerdaskan Literasi Keuanga

Administrator | Rabu, 04 Juli 2018 - 15:39:36 WIB | dibaca: 187 pembaca

Jakarta, Parahyangan Post – Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama HSBC Indonesia memperkenalkan kurikulum baru untuk JA More than Money New Curriculum, program pembelajaran literasi keuangan dan kewirausahaan yang dirancang khusus untuk siswa sekolah menengah pertama (SMP), yang diadakan di Bank HSBC Cabang World Trade Centre, Jakarta, Selasa (17/4). Bertepatan dengan perayaan sepuluh tahun implementasi program JA More than Money, upaya ini merupakan wujud komitmen berkelanjutan Prestasi Junior Indonesia dan HSBC Indonesia dalam memperbaiki rendahnya literasi keuangan masyarakat Indonesia.

 

Survei Nasional Literasi Keuangan 2016 yang dilakukan oleh Otoritas Jasa Keuangan menunjukkan hanya 29,7 persen masyarakat Indonesia yang memiliki pengetahuan dan keterampilan memadai mengenai produk dan layanan keuangan. Melihat fenomena tersebut, seluruh pihak harus berperan aktif untuk mendukung terwujudnya peningkatan pemahaman masyarakat dalam mengelola keuangan serta menggunakan produk dan layanan perbankan. Program pembelajaran keuangan ini sukses menjangkau 23.177 siswa SMP di 11 kota Indonesia serta melibatkan 216 guru dari 118 sekolah dan 789 relawan HSBC selama proses implementasi.

 

Robert Gardiner, Management Advisor Prestasi Junior Indonesia mengungkapkan, “Melalui program ini, kami senantiasa ingin membekali generasi muda dengan pengetahuan dasar keuangan dan kewirausahaan. Anak-anak kelak tumbuh menjadi pribadi dewasa yang dapat mengambil keputusan keuangan yang tepat untuk kesejahteraan keluarga mereka. Aktivitas kunjungan ke bank juga menjadi kesempatan luar biasa bagi anak-anak untuk berkenalan dengan peran industri perbankan dalam masyarakat. Bagi banyak orang, ini adalah pertama kalinya mereka melangkah ke bank meskipun mereka sering melewatinya. Siswa berpartisipasi dalam simulasi prosedur perbankan dengan dukungan personil HSBC dan mereka pulang dengan pengalaman dan pemahaman yang jauh lebih baik tentang bagaimana bank berfungsi dan bermanfaat bagi masyarakat.”

 

Melalui pembelajaran yang atraktif dan penggunaan karakter tokoh yang ramah anak sebagai simbol keuangan dan kewirausahaan, JA More than Money New Curriculum mengajarkan siswa mengenai cara mengelola uang dengan bijak, membuat keputusan keuangan yang tepat, serta praktik membangun sebuah bisnis. Sebagai hasil akhir dari program tersebut, siswa mampu mengidentifikasi peranan uang dalam kehidupan sehari-hari, memahami langkah awal untuk menjadi wirausaha dan menjalankan sebuah bisnis, menganalisis keuntungan dan kerugian meminjam uang, serta mencari peluang bisnis dari pasar global.

 

Selain menerima pembelajaran di kelas, para peserta JA More than Money juga memiliki kesempatan untuk mengunjungi beberapa kantor cabang Bank HSBC di seluruh Indonesia. Mereka dapat melihat dari dekat dan mendapatkan pengalaman langsung aktivitas perbankan, seperti penyetoran uang, penarikan uang di mesin ATM, dan penukaran mata uang asing.

 

“Membekali generasi muda dengan pengetahuan keuangan merupakan bagian dari komitmen keberlanjutan kami, karena mereka adalah masa depan kita. Melalui aktivitas ini, para siswa belajar tidak hanya bagaimana mengatur uang, tapi juga bagaimana mendapatkannya. Sebagai bonus, mereka juga mendapatkan pengetahuan bagaimana bank beroperasi. Mereka juga bertemu dengan para pekerja yang dapat menginspirasi mereka. Hal ini secara umum diharapkan dapat membantu membentuk aspirasi mereka di masa depan,” tutur Nuni Sutyoko, Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia.

 

Sebagai salah satu organisasi perbankan dan layanan keuangan terbesar di Indonesia, HSBC berkomitmen untuk senantiasa berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mendorong literasi keuangan yang lebih baik di tanah air. Selama sepuluh tahun, HSBC telah berkolaborasi dengan Prestasi Junior Indonesia untuk mengimplementasikan program JA More than Money sejak program ini diluncurkan pertama kali di tahun 2008. Program-program literasi keuangan antara PT Bank HSBC Indonesia dan PJI ini akan senantiasa berlanjut, tidak hanya ditujukan bagi anak SMP, tapi juga anak SD dengan program Anak Cerdas, yang akan memperluas implementasi program pengenalan pengelolaan keuangan melalui game tablet.

 

(rls/pp) 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)