Profil

H. Kusumo, S.Sos, MM ; Kabid Pelayanan Kebersihan DKP Kota Depok

Pentingnya Memilah Sampah Pada Setiap Rumah Tangga di Kota Depok

Administrator | Jumat, 09 September 2016 - 23:31:22 WIB | dibaca: 495 pembaca

H. Kusumo, S.SOs, MM (foto : ratrman)

KEPALA BIDANG - Pelayanan Kebersihan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok, H.Kusumo, S.Sos, MM secara tegas mengatakan bahwa persoalan sampah dikota-kota besar, khususnya di Depok yang terus menggunung, bisa diatasi jika kesadaran warga masyarakat, terutama tiap rumah tangga, dan juga pelaku usaha restotan serta hotel di Kota Depok mau melakukan pemilahan sampah, ditempatnya masing-masing.

Pengolahan sampah bisa dimulai dengan melakukan pemilahan antara sampah organik dan non organik.  Sampah organik bisa didaur ulang, sedangkan sampah organik bisa diolah menjadi pupuk atau biogas.

Hal ini dikatakan H.Kusumo, sebaga pembicara pada acara Talkshow ‘Zero Waste Resto’ di Restoran Shusi Miyabi, Jl.Margonda, Depok, Jumat (09/09/2016).

Bahkan lanjut, H.Kusumo, Dinas DKP Kota Depok telah melaksanan program yang disebutnya sebagai ‘Partai Ember’ dimana setiap rumah tanggal dan juga pelaku usaha restotan dan hotel diharuskan untuk memilah sampahnya sendiri.

Dengan demikian lanjutnya, akan memudahkan petugas kami untuk memprosesnya nanti di tempat penampungan menjadi pupuk organik yang memiliki banya manfaat dalam bidang pertanian. Disamping itu, dengan cara memilah seperti ini secara otomatis penumpukan sampah ditempat penampungan ahkir (Tempat Pembuangan Akhir) akan berkurang.Untuk itu, Kepala

Bidang Pelayanan DKP Kota Depok menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada CREATA yang telah mengadakan acara seperti ini.

Kedepan acara seperti ini perlu terus diadakan dan kalau bisa diperluas dengan mengajak berbagai komunitas yang ada di Kota Depok, jelas H. Kusumo.

Sementara itu, berbagai program lain terkait penanganan sampah di Kota Depok, adanya Tim Buser yang tidak kenal lelah untuk terus memonitoring bahkan melakukan penangkapan kepada warga masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan.

Yang menjadi persoalan dan kendala sampai saat in, jelas H.Kusumo perlu adanya penegakan hukum secara tegas tanpa pandang bulu, kepada siapa saja yang dengan sengaja membuang sampah sembarang.

Aturan dan dasar hukumnya sudah ada dan jelas, tinggal bagaimana penegakan hukumnya, disamping itu juga diharapan peran aktif dari warga masyarakat untuk ikut melaporkan jika mengetahu ada orang yang membuang sampah sembarangan.“Bersahabatlah dengan sampah karena sampah bukan musuh kita. Sampah akan menjadi masalah kalau tidak dipilah, “jelas Kepala Bidang Pelayanan Kebersihan DKP Kota Depok.

 

(ratman/pp)

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)