Edukasi

VISI 2020: MENGAJAR 1 JUTA SISWA SECARA ONLINE

PELUNCURAN KOMUNITAS BIMBINGAN BELAJAR ONLINE GEMASTAS.COM

Administrator | Sabtu, 13 Agustus 2016 - 13:15:08 WIB | dibaca: 847 pembaca

JAKARTA (Parahyangan-Post.com) - Puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa yang atas karuniaNya pada hari ini, Sabtu, 13 Agustus 2016 kami Tim Admin @UNSMA2016 menyelenggarakan Seminar Generasi Emas Prestasi Tanpa Batas dan Peluncuran Komunitas Bimbingan Belajar Online Gemastas.com di Graha Utama Lantai 3, Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Jl. Jend. Sudirman, Senayan, Jakarta.

 

Saat ini para pelajar dan mahasiswa di Indonesia telah familiar dengan akses internet yang disediakan pihak sekolah, internet keluarga di rumah, wireless internet di tablet, Blackberry atau smartphone Android, maupun akses internet publik lainnya. Sudah menjadi trend yang umum bahwa selain belajar di sekolah rata-rata pelajar menggunakan waktunya untuk mengakses internet, baik untuk menelusiri informasi serta chatting atau berinteraksi di media sosial. Namun jika chatting atau online terus, kapan belajarnya? Ini yang sering muncul di benak para guru dan orangtua.

 

Sebagai jawaban atas pertanyaan tersebut, munculah ide kreatif Tessa Viennie Setiawan yang menjawab pertanyaan di atas dengan bukti nyata bahwa “siapa saja bisa belajar kapan saja, di mana saja, sambil online di internet”. Kami membuktikannya dengan membangun dan mengelola komunitas Line akun @UNSMA2016 yang dibuka mulai 8 November 2015.

 

Akun @UNSMA2016 ini sejak awal bertujuan untuk membantu para siswa kelas XII SMA yang memiliki akun Line agar dapat memanfaatkan media sosial khususnya Line sebagai media pembelajaran yang efektif dalam menghadapi dan mempersiapkan Ujian Nasional SMA tahun 2016. Selain membantu dalam hal akademik mengenai pembelajaran dan materi yang diujiankan, akun ini juga dimaksudkan untuk menginspirasi dan memotivasi para siswa yang menjadi anggota.

 

Komunitas @UNSMA2016 terbukti berhasil menjadi “Kelompok Belajar Online SMA Terlengkap, dan Terbesar di Indonesia,” yaitu saat ini memiliki 44.260 siswa (followers), dengan 200 chat per menit (dialog tanya jawab soal dan jawaban). Ini artinya lebih besar dari jaringan bimbingan belajar konvensional berbayar manapun di Indonesia.

 

@UNSMA2016 membuat lebih dari 44.000 pelajar di seluruh Indonesia jadi semangat belajar tinggi dan siap menghadapi Ujian Nasional (UN) yang semula sangat ditakuti dan bahkan menjadi mimpi buruk bagi banyak pelajar. Inilah bukti bahwa pelajar Indonesia antusias untuk belajar lewat internet, khususnya media sosial.

 

@UNSMA2016 turut serta menyukseskan program pemerintah di bidang pendidikan nasional. Saat ini pemerintah masih mengalami banyak kendala dan tantangan untuk pemerataan pendidikan dan mata pelajaran. Contohnya pelajar SMA di pedesaan luar Jawa belum tentu lulus jika melakukan ujian nasional di Jakarta. Namun @UNSMA2016 terbukti memecahkan permasalah itu dengan melakukan kegiatan bimbingan belajar bagi lebih dari 44.000 siswa SMA di seluruh pelosok Indonesia secara simultan dengan menggunakan platform media sosial Line. Dan kelulusan siswa anggota @UNSMA2016 mencapai tingkat sukses tertinggi 100%. Setelah lulus SMA juga berhasil masuk Perguruan Tinggi idaman masing-masing.

 

Layanan @UNSMA2016 diselenggarakan secara cuma-cuma. Pembiayaan dilakukan oleh swadaya para Tim Admin Pelajar karena belum mendapat dukungan dari pemerintah, sekolah, maupun pihak swasta.

 

Setelah Ujian Nasional SMA berakhir banyak pertanyaan bermunculan mengenai identitas Tim Admin @UNSMA2016 dan terutama mengenai rahasia-rahasia sebagai berikut:

·         Bagaimana cara tim Admin melayani pertanyaan dan menjelaskan jawaban soal-soal pelajaran yang ditanyakan ribuan pelajar SMP se-Indonesia setiap hari?

·         Bagaimana tim Admin bisa belajar dan mengerjakan tugas sekolahnya masing-masing sambil membantu pengajaran ribuan pelajar sampai mencapai 200 chat per menit?

·         Bagaimana tim Admin bisa menguasai jawaban dan memberikan penjelasan lengkap untuk soal-soal semua mata pelajaran?

·         Siapakah sebenarnya Tim Admin @UNSMA2016? Apakah tim Admin adalah pakar pendidikan atau tim guru yang berpengalaman?

 

Pendiri (founder)@ UNSMA2016 adalah Tessa Viennie Setiawan yang pertama kali mendirikan kelompok belajar online 33.000 siswa pada tahun 2013. @UANSMA2016 dikelola 12 Admin yaitu:

·           Tessa Viennie S, Founder & admin sosiologi (SMAN 38 Jakarta)

·           Fahtia Nurmalinda, admin Sejarah (SMAN 70 Jakarta)

·           Aulia Millatina S, admin Geografi (SMAN 13 Bandung)

·           Andhika Pradnya Dirgayusa, admin Ekonomi (S..MAN 1 Bekasi)

·           Delira Kameswara, admin bahasa Inggris (SMA Pribadi Bandung)

·           Muhammad Nata P, admin bahasa Indonesia (SMAN 6 Palembang)

·           Adhitanto Nabil S, admin Fisika (SMAN 87 Jakarta)

·           Haliza Hayyu F, admin Biologi (SMAN 1 Magetan)

·           Jodi Gotama Beliauwan, admin Kimia (SMAN 3 Bekasi)

·           Kurnia Dwi W.R, admin MIPA (SMAN 1 Bojonegoro)

·           Harso Adjie B, admin Matematika Dasar (SMAN 68 Jakarta)

·           Nisrina Arrifda, admin info kuliah (Institut Teknologi Sepuluh November)

 

Akun ini murni didirikan dan dikelola oleh remaja di atas tanpa melibatkan orangtua, guru, maupun pakar pendidikan.

 

Setelah identitas Tim Admin @UNSMA2016 diungkapkan, masih banyak pertanyaan, kesaksian, ucapan terimakasih dan respon positif untuk komunitas @UNSMA2016. Dorongan dan antusiasme komunitas @UNSMA2016 itulah yang melatarbelakangi terselenggaranya acara Seminar ini.

 

Pada acara ini kami juga meluncurkan Komunitas Bimbingan Belajar Online, yaitu GEMASTAS.COM. Gemastas singkatan dari Generasi Emas Prestasi Tanpa Batas. Visi kami adalah mengajar 1 juta siswa secara online untuk mewujudkan  Generasi Emas yang membawa Indonesia ke jaman keemasannya. Misi kami adalah memasyarakatkan metode “belajar bersama jarak jauh secara online” dengan E-Learning, khususnya bagi para pelajar dan mahasiswa di Indonesia.

 

Target kami tahun 2016 adalah mengajar secara online 50.000 siswa, 2017 mengajar 100.000 siswa, 2018 mengajar 250.000 siswa, 2019 mengajar 500.000 siswa dan tahun 2020 mencapai 1 juta siswa.

 

Adapun untuk selanjutnya akun yang berlaku adalah @UNSMA. Para pelajar kelas 3 SMA di seluruh Indonesia bisa mengikuti layanan bimbingan belajar online @UNSMAvia Line, Twitter.com/UNSMA maupun Facebook.com/UNSMA.

 

Dalam kesempatan ini kami Tim Admin @UNSMa2016 mengucapkan terimakasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Bapak Erbe Sentanu pendiri KataHati Institute dan penulis buku laris Quantum Ikhlas, Quantum Ikhlas for Teens, dan Zona Ikhlas; Dr. Sulistya Putra, ST, MA selaku Pembina @UNSMA2016, Bapak R. Jiwo Kusumo sutradara film Biola Untuk Anisa, Yasuo Senna Iriawan pembalap muda Indonesia, Fadhel pembuat film Teman Sebaya, LifePharm Global (Laminine), para donatur, para pendukung acara, anggota @UNSMA2016, para guru, orangtua murid, para peserta seminar, para blogger, jurnalis, media, dan seluruh panitia yang telah mendukung acara ini sehingga berjalan dengan sukses. 

 

Demikianlah siaran pers Seminar dan Peluncuran Komunitas GEMASTAS.COM oleh @UANSMA2016.

Kami berharap acara ini bisa menginspirasi lebih banyak pelajar dan mahasiswa mendapatka keuntungan belajar dan menguasai pelajaran dengan belajar bersama jarak jauh secara online (E-learning).










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)