Opini

Citizen Jurnalism

Merajut Benang-Benang Kehidupan

Administrator | Senin, 02 Februari 2015 - 17:05:43 WIB | dibaca: 2108 pembaca

Foto Ilustrasi Merajut Benang-Benag Kehidupan (sumber foto : ilma/pp)

KEHIDUPAN - Kata yang tak asing di telinga setiap orang. Terkadang tiap orang pun memiliki perbedaan pandangan dalam mengartikan dan memahami setiap kehidupannya. Karena perbedaan itulah yang menjadikan setiap  langkahnya menjadi lebih menarik. Kehidupan itu sendiri menjadikan sebuah proses dalam menjalani dan menapaki hidup untuk meraih suatu tujuan yang ingin dicapainya.

Jika kehidupan itu saya umpamakan dengan sehelai benang  yang jenisnya apapun itu, benang katun, benang biasa, benang kasur, benang polly cerry, benang wol, benang jahit kecil, dan bahkan benang tebal sekalipun. Kehidupan bak layaknya benang yang sedang ku rajut. Benang itu nanti akan dijadikan apa dan bagaimana. Benang itu akan dijadikan sesuatu yang berharga bagi diri kita, ataukah benang itu hanya akan menjadi sesuatu yang hanya bisa dilihat saja oleh kedua mata kita sendiri, tanpa ada sesuatu yang menarik dari benang itu karena toh benangnya hanya sehelai benang yang tidak dibuat apa-apa dan  tidak mempunyai manfaat dan keindahan yang dimilikinya.

Dan tatkala kehidupan itu dijadikan sesuatu yang indah nan bermakna dalam prosesnya, hal itu akan menjadikan kehidupan kita bermanfaat dalam setiap langkah dan di setiap detiknya. Namun jika sebaliknya,  tatkala kehidupan itu dijadikan sesuatu yang biasa saja, maka tak akan ada sesuatu yang menarik dan tak ada yang indah dalam setiap prosesnya.

Tak mudah. Dua kata itulah yang mewakili pemahaman dan pengaplikasian dari kehidupan yang sedang dihadapi dan dijalani oleh setiap orang yang bernyawa. Kehidupan itu tak mudah dijalani jika tanpa ada sesuatu yang ia tuju dalam hidupnya. Tujuan hidup yang dimiliki setiap individu memberikan motivasi tinggi dalam diri. Motivasi yang dimiliki setiap orang pun berbeda dan akan menjadi penguat yang luar biasa bagi pribadinya.

Janganlah menyerah! Itulah kalimat imperative yang cocok untuk setiap langkah yang akan kita jalani nanti. Setiap langkah kehidupan yang dimiliki itu sangatlah bermakna bagi kehidupan di kemudian hari. Entah itu satu tahun yang akan kita miliki nanti, entah satu bulan yang akan datang, satu minggu, atau satu hari, bahkan satu jam yang akan kita lalui selanjutnya.

Teringat pada ucapan yang saya simak dalam sebuah kelas kuliah dulu “ hiduplah menjadi sebuah cahaya yang menerangi di dalam sebuah ruangan yang gelap, dan janganlah engkau ingin hidup menjadi sebuah lilin, menerangi  namun pada akhirnya engkau terbakar karenanya” Kalimat nasihat itulah yang cocok untuk kita bisa hidup dalam kehidupan yang kian menantang ini.

Dan satu hal yang tak akan bisa terlewatkan adalah setiap orang memiliki motivasi diri untuk bisa maju, berkembang, dan meningkatkan potensi yang ada dalam diri masing-masing. Percayalah pada potensi diri yang kita miliki. Hati adalah kunci dari setiap motivasi yang kitia timbulkan dalam menjalani kehidupan. Dengan motivasi yang kita milikilah, kehidupan yang berat nan cobaan yang penuh dengan tantangan bisa dilalui dengan mudah. Semoga kita termasuk ke dalam kelompok orang-orang yang senantiasa ada dalam pertolongan-Nya. Amiin.


----------------------------------
Oleh
: Ilma Yulianti,
Penulis Adalah : Alumni Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Garut (STKIP Garut) dan Mahasiswi Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga.

Editor : ratman










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)