Seni Budaya

Music

KunoKini Dengan 'HeyBeb!!' Menolak Kuno di Tengah Hingar-Bingar Kekinian

Administrator | Sabtu, 05 Maret 2016 - 05:14:02 WIB | dibaca: 1437 pembaca

Jakarta, Parahyangan Post  - KunoKini, sebuah nama untuk menggambarkan keadaan dari dua unsur yang kontras namun bisa menjadi sesuatu yang harmonis dan selaras. Filosofi nama tersebut benar-benar dijadikan acuan dalam segala pergerakan karya yang dilakukan band bergenre Indo Etnik Eksperimental ini. 

Di tahun 2016, trio KunoKini menandai eksistensi mereka dengan menelurkan sebuah single berjudul HeyBeb!! dalam format video lirik pada 27 Februari kemarin dan versi audionya akan segera diluncurkan ke seluruh digital music store bulan Maret ini melalui Euforia Digital.

Seperti karya-karya sebelumnya, HeyBeb!! memadukan unsur tradisi Indonesia dengan unsur modern yang terdapat di ranah musik populer. Unsur modern di dalam lagu ini diwakili oleh perpaduan irama hip hop dan reggae dancehall serta cara bernyanyi ala ragga yang ditampilkan vokalis utama Bhismo dan rapping-nya Kallula (vokalis band KimoKal) sebagai musisi tamu. 

Bermodalkan semangat kembali ke akar, unsur modern tersebut tidak serta merta meninggalkan nafas ke-Indonesia-an yang senantiasa digaungkan oleh KunoKini. Melalui bunyi alat-alat musik tradisional asli Indonesia irama-irama popular dari barat yang dihasilkan di lagu HeyBeb!! sebenarnya digali dari unsur 'kuno' yang berasal dari Indonesia lewat konsep interlocking (paduan ketukan berbeda namun dalam tempo yang sama) antara alat musik Taganing Batak, Soko Guru (satu set Rebana Biang Betawi dimainkan seperti drumset dan merupakan karya Bhismo sang vokalis), Bonang Jawa, Kendang Sunda & Kangkanung Kalimantan. Perlu digarisbawahi bahwa irama-irama populer tersebut sebenarnya sudah ditemukan dan dihasilkan oleh para musisi nusantara di zaman dahulu. 

Selain dirilisnya single HeyBeb!! dalam format video lirik dan audio, akan dilangsungkan pula konser perayaan peluncuran single tersebut pada tanggal 16 Maret nanti di Yesterday Backyards, sebuah lounge di Jl. Pangeran Antasari 36 No. 1, Cipete Selatan, Jakarta Selatan. Konser tersebut sekaligus menjadi panggung resmi menampilkan transisi KunoKini menjadi KunoKini & SvaraLiane, sebuah pergerakan karya baru lainnya berupa band KunoKini dengan perpaduan alat musik tradisi asli Indonesia dengan alat musik konvensional barat yaitu bas, trumpet dan saksofon. Tak hanya sampai disitu, menurut Bebi & Fikridzul dua personil KunoKini lainnya, panggung konser ini juga akan membuktikan bahwa para musisi tamu yang diajak berkolaborasi di panggung nanti seperti Kallula (KimoKal), Wizzow dan Della MC (Batik Tribe), Iga Massardi (Barasuara) & Reza Achman (Matajiwa) mampu tampil modern tanpa harus menanggalkan ke-Indonesia-an mereka.

Official Video Lirik HeyBeb!!: 

HeyBeb!!
KunoKini ft. Kallula
Lagu & Lirik oleh Adhi Bhisma Whraspati
Aransemen oleh KunoKini

KunoKini:
Adhi Bhisma Whraspati (Bhismo): Vokal & Taganing Batak
Astari Achiel (Bebi): Soko Guru
Dzulfikri Putra Malawi (Fikridzul): Bonang Jawa & Kangkanung Kalimantan

Musisi Tamu:
Kallula: Vokal
Arman Chaniago: Kendang Sunda

Eksekutif Produser: Kereta Senja Records
Produser: KunoKini
Penata Suara: Anca Suara

Semua instrument direkam secara live kecuali Vokal Bhismo, Vokal Kallula, Kangkanung Kalimantan dan Kendang Sunda di Abvanrel Studio.

Video Lirik oleh Ogie Sasongko


Tautan KunoKini:



KunoKini Instagram: https://www.instagram.com/kunokini/ 

KunoKini Twitter: https://twitter.com/kunokini

KunoKini Youtube Channel: https://www.youtube.com/KunoKiniTV

KunoKini Soundcloud: https://soundcloud.com/kunokini










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)