Disaster

Dedy Miswar, Wagub Jawa Barat

Himbau Kabupaten/Kota di Jawa Barat Bentuk BPBD

Administrator | Senin, 14 Agustus 2017 - 08:07:19 WIB | dibaca: 152 pembaca

Wagub Jabar, Pad Acara Halal Bihalal Potensi SAR Komunitas (sumber foto : ratman/pp)

BOGOR, Parahyangan-post.com – Wakil Gubernur Jawa Barat, Dedy Miswar menghimbau agar Kabupaten/Kota di Jawa Barat yang belum ada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar segera membentuk BPBD. 

Hal tersebut dikatakan Dedy Miswar pada saat memberika sambutan pada acara Halal Bihalal, Potensi SAR Komunitas, yang digelar di Lapangan Markas Komando (Mako) Brimob, Kedunghalang, Bogor, Minggu (13/08).

Lebih lanjut Wagub, juga mengatakan bahwa Provinsi Jawa Barat merupakan provinsi dengan jumah penduduk yang terbanyak, memiliki potensi kebencanaan seperti longsor, banjir, kebakaran, gempa bumi, puting beliuang, dll.

Disamping itu, belum seluruhnya Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat membentuk BPBD, ini problematika tersendiri, kata Wagub.

“Jangan sekali kali ada anggapan bahwa kabupaten/kota memiliki potensi kebencanaanya kecil, sehingga tidak perlu dibentuk BPBD. Ingat bahwa bencana bisa datang kapan saja dan dimana saja, “jelas Wagub.

Selanjutnya Wagub juga mencontohkan Kota Bandung yang terdampak banjir beberapa waktu lalu, padahal lanjutnya kondisi Bandug sebenarnya berada didataran tinggi, tetapi karena berbagai faktor, termasuk rusaknya kondisi lingkungan sehingga mengakibatkan banjir, disana.

“Intinya yang ingin saya tegaskan, bahwa pentingnya melakukan kesiapsiagaan sebelum bencana itu terjadi, termasuk salah satunya pembentukan BPBD di-seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Barat,” jelas pria yang dikenal sebagai aktor dalam film Nagabonar.

Wagub Jawa Barat, juga mengapresiasi kepada jajaran panitia dan semua pihak yang sudah hadir, dalam acara Halal Bihalal Poteni SAR Komunitas, hal ini sangat penting untuk menjalin komunikasi antar sesama lembaga untuk kebersamaan dalam menghadapi bencana khususnya di Jawa Barat dan Indonesia pada umunya.

Selain Wagub Jawa Barat, hadir dalam acara tersebut, Komanda Mako Brimob, Kedung Halang, Bogor, Kepala Kantor SAR Jakarta, para tokoh serta tamu undangan lainya.

Sementara itu berdasarkan data laporan dari Ketua Panitia, jumah peserta yang hadir dalam acara Halal Bihalal Potensi SAR Komunitas, kurang lebih 900 orang, yang terdiri dari kurang lebih 90  lembaga kembencanaan, komunitas yang bergerak dalam bidang kebencanaan dan kerelawanan dari berbagai wilayah; Jabodetabek, Sukabumi, Cianjur, Banten dan Jawa Barat.

Acara dilanjutkan dengan berbagai rangkaian kegiatan, dan simulai kebencanaan gempa bumi yang diikuti oleh peserta yang hadir Potensi SAR Komunitas, Jajaran Brimob, TNI, dan penggiat kebencanaan lainya, sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana.

 

(ratman/pp)

 

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)