Seni Budaya

Damien Dematra Raih Sutradara Terbaik di Amerika Lewat Film Buya Syafii

Administrator | Minggu, 19 Maret 2017 - 17:18:49 WIB | dibaca: 356 pembaca

film Si Anak Kampoeng (The Village Boy), film tentang masa kecil Buya Syafii Maarif dan pencatatan rekor keberhasilan oleh sutradara Si Anak Kampoeng di Mountain Film Festival di Nevada, Amerika Serikat,

Bersamaan dengan berlangsungnya Tanwir Muhammadiyah di Ambon yang dibuka oleh Presiden Jokowi baru-baru ini, datang kabar menggembirakan dari Amerika Serikat dimana film Si Anak Kampoeng (The Village Boy) yang terinspirasi dari masa kecil Ketua Umum Muhammadiyah 2000-2005, Ahmad Syafii Maarif meraih penghargaan bergengsi. Damien Dematra selaku sutradara dan penulis film tersebut mencatat rekor Sutradara Terbaik di Mountain Film Festival di Nevada, Amerika Serikat.

Dengan terpilihnya Damien, ia memecahkan dua rekor. Pertama, ia menjadi Sutradara Asia Pertama yang mendapatkan gelar tersebut. Kedua, ia menjadi satu-satunya sutradara yang mendapatkan gelar Sutradara Terbaik dua tahun berturut-turut. Sebelumnya pada tahun 2016, festival ini memilih Damien lewat filmnya Let’s Play, Ghost. Dan tahun ini, lewat film Si Anak Kampoeng, sejarah ditorehkan.

“Penghargaan ini sangat terasa spesial melihat bahwa saya mewakili Indonesia sebagai Sutradara Asia Pertama yang mengukir sejarah di festival tersebut selama dua tahun berturut-turut. Saya harap penghargaan ini dapat membuat masyarakat Indonesia bangga dengan film karya anak bangsa.” ucap pria yang telah meraih ratusan penghargaan di bidang penyutradaraan ini.

Mountain Film Festival sendiri merupakan festival yang telah berdiri selama 10 tahun. Festival yang berada di Amerika Serikat ini setiap tahunnya memberikan penghargaan di bidang film kepada film-film yang dianggap spesial.

Film Si Anak Kampoeng bercerita tentang masa kecil Buya Syafii Maarif dengan setting tahun 1930 sampai dengan 1950. Film ini bertujuan untuk dapat menginspirasi generasi muda akan pentingnya pendidikan, cita-cita, kesederhanaan dan memberikan penghargaan yang tinggi terhadap nilai nilai keberagaman.

Sebelumnya, Film Si Anak Kampoeng telah meraih puluhan penghargaan internasional. Di antaranya Best Family Family dari Canada International Film Festival pada tahun 2015. Selain itu juga penghargaan Silver Screen Award dari Nevada International Film Festival; Film Cerita Terbaik dan Sutradara Terbaik untuk Damien Dematra, Editor Terbaik untuk Virda Anggraini dan Damien Dematra dari London International Film Festival. Film ini juga masuk nominasi Jaipur International Film Festival, India; terpilih dalam International Social Uprising Resistance and Grassroots Encouragement, USA; 4 penghargaan dari Los Angeles Movie Awards; sebagai salah satu film terbaik di Interculture International Film Festival, Perancis; terpilih oleh American International Film Festival, USA; meraih penghargaan dari Lucerne International Film Festival, Swiss, World Kids Film Festival, India; penghargaan Fim Terbaik dari Accolade Global Competition.
 
(rat/rls/pp)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)