Opini

CITRA NEGARA ALA ASIAN GAMES

Administrator | Jumat, 31 Agustus 2018 - 15:37:57 WIB | dibaca: 180 pembaca

 

Oleh : Rabihah Pananrangi 
Pegiat Literasi Bermakna 

Menjelang ditutupnya pagelaran ASIAN GAMES, Infrastruktur yang sempat diragukan bisa selesai tepat waktu dipastikan siap untuk digunakan. Polri dan TNI pun telah melaksanakan rapat bersama untuk memastikan keamanan 17.145 atlet dari 45 negara peserta. ASIAN GAMES yang menuntut kerja bersama untuk memastikan sukses penyelenggaraan karena yang dipertaruhkan adalah citra Negara. 

Dengan menjadi tuan rumah ASIAN GAMES Indonesia membentuk citra baru negara: secara ekonomi, sosia-politik sebagai negara yang tetap teduh dan anggun di tengah kebinekaan; secara ekonomi, Indonesia akan menjelma menjadi kekuatan ekonomi baru dunia; dan terakhir negara eksotis dengan kekayaan budaya dan keindahan alamnya yang luar biasa. 

ASIAN GAMES adalah momentum kita untuk mempromosikan diri sebagai sebuah bangsa yang besar dan terhormat dan disegani diantara negara-negara di benua Asia ini. ASIAN GAMES adalah pencitraan Indonesia dimata dunia. 

Sebagai negara besar yangg berpenduduk lebih dari 250 juta, Indonesia tentunya memiliki segala potensi untuk mengukir prestasi. Perjuangan heroik para atlet yang berkompetisi di ajang ASIAN GAMES ke-18 ini dengan mengumpulkan 30 medali emas menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia dan telah melampaui target yang sudah dicanangkan pemerintah melalui kementerian pemuda dan olahraga. 

Perhelatan ASIAN GAMES juga diwarnai dengan pelukan Jokowi-Prabowo, mesti ini bisa ditafsirkan sebagai kampanye sportivitas untuk mendinginkan suasana menjelang pilpres 2019 atau boleh jadi sebagai citra Negara yang damai, sejuk dan menjunjung tinggi kebersamaan, semua ini bergantung sudut pandang yang kita gunakan. 

Alih-alih memperdebatkan alasan keduanya rela melakukan pelukan “teletubbies” ini justru bentuk bangunan citra ala pertandingan silat yang menganut kejujuran dan silaturahmi dan saling menghargai dan mengaskan Indonesia sebagai Negara yang bermartabat. 

Melalui perhelatan ASIAN GAMES, menjadikan media penting untuk membangun citra sosial, baik untuk kepentingan individu maupun citra Negara. Dengan ASIAN GAMES, Negara dalam hal ini pemerintah memiliki banyak kesempatan untuk membentuk citra positif. Dulu, persaingan untuk membangun citra Negara begitu rumit, kita belum memiliki nilai kompetetif dan komparatif yang bisa menaikkan citra Negara. Namun, melalui ASIAN GAMES, Negara dapat memanfaatkan secara maksimal untuk menaikan nilai kebangsaaan dalam citra kebhinekaan.

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)