Edukasi

Peduli Kesehatan Perempuan

BPKK PKS Selenggarakan Baksos

Administrator | Selasa, 17 April 2018 - 00:46:59 WIB | dibaca: 418 pembaca

Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Cikarang Selatan yang mengadakan baksos. (foto rls)

Bekasi, parahyangan-post.com-Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) PKS Cikarang Selatan mengadakan baksos peduli pemeriksaan kesehatan perempuan di Klinik Rizki, Perumahan Taman Sentosa, Cikarang pada hari Senin (16/4/2018).

Menurut penanggung jawab tim medis Baksos, dr. Loonasulanta SpAk, kegiatan ini selain sosialisasi juga untuk pemeriksaan kesehatan perempuan sejak dini.

"Kira ketahui bahwa kesehatan perempuan itu penting. Karena bila perempuan sakit di keluarga tentu saja kestabilan rumah tangga akan bermasalah," kata dokter spesialis kandungan ini, di Klinik Rizki, Ruko  Perumahan Taman Sentosa, Senin (16/4/2018).

Berbeda dengan laki laki yang sakit, kata dr Loona, walaupun kita tidak mengharapkan lelaki atau suami yang sakit. Maka kalo perempuan yang sakit maka stabilitas di rumah akan sangat terganggu.

Pada bakti sosial ini, kata dr Loona, yang diperiksa adalah USG Kesehatan Reproduksi, deteksi Dini Kanker Serviks DG IVA Femicam, deteksi Kanker Payudara DG Sardanis dan deteksi payudara oleh medis.

Ditambah lagi, menurut penanggung jawab Tim Relawan Medis dari Mampu (Muslim Amanah Peduli Umat) dibawah struktur BPKK Cikarang selatan ini kanker leher rahim yang paling parah.

 "Itu 2 menit sekali perempuan meninggal. Rata-rata yang terdeteksi ketika sudah lanjut padahal bisa dideteksi lebih awal," katanya.

Untuk deteksi payudara, kata Loona, sejak mulai perempuan haid, v tapi secara umum umur 30 tahun sudah harus mulai diperiksa.

"Khusus periksa payudara, kanker rahim tiap setahun sekali. Namun, untuk periksa kecurigaannya bisa sebulan, setahun, tiga tahun sekali," ujar perempuan berkacamata ini.

Namun, sebenarnya penyakit-penyakit ini bisa dicegah melalui makan makanan yang sehat dan tentu saja tidak boleh berganti pasangan.

Ia juga menambahkan kalau pemeriksaan seperti ini bisa mencapai 750 ribu per orang.

"Insya Alloh masyarakat sangat terbantu karena pemeriksaan ini gratis," ujarnya.

Senada dengan dr Loona, Ketua DPC PKS Cikarang Selatan, Ronni Hasanudin juga menyatakan bahwa adanya kegiatan Bakti Sosial ini adalah sesuatu yang rutin dan biasa dilakukan oleh kader kader dari PKS, baik ada atau tidak adanya pilkada tetap diadakan oleh teman teman yang ada dilapangan katanya.

"Pertama, sebetulnya  ada enggak ada pilgub itu, kita selalu adakan baksos. Minimal sebulan sekali. Namun, kebetulan hari ini di Kecamatan Cikarang Selatan, Desa Pasir sari," katanya.

Intinya, kata Ronni, kita melakukan program edukasi pendidikan politik yang ada kepada masyarakat dan mensosialisasi pemilihan gubernur yang akan diadakan beberapa bulan lagi.

 "Hal ini karena ternyata saat kita survei, masih ada yang tidak mengetahui diselenggakannya pilgub," kata pria berkacamata ini.

Selain sosialisasi, juga  diadakan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis.

"Kita bekerja sama dengan BPKK PKS, Relawan Mampu dan DPC Gerindra Cikarang Selatan," ujarnya.

Dalam penyelenggaraan Bakti Sosial Peduli Kesehatan ini dihadiri oleh 400 orang warga pasir kunci, Meyda Safitri Kader DPC Gerindra Cikarang Selatan, dr Neny Ketua Relawan Mampu, dan Ketua DPC PKS Cikarang Selatan Ronni Hasanudin.*** (pp/rls)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)