Edukasi

RESENSI BUKU

Bekal Dasar Menjadi Wartawan Profesional

Administrator | Minggu, 08 September 2013 - 23:02:28 WIB | dibaca: 1546 pembaca

Terbitan Pertama, Juli 2013

Penulis:
Didiek Danuatmadja

W. Suratman

Ukuran :
14 x 21 cm

Jumlah Hal :
i
ii + 76 hlm

ISBN :
978-602-95302-1-6

Cetakan :
Pertama (I), Juli 2013

Penerbit :
FATH PUBLISHING 


Didistributor :
PUSTAKA TAUFIQ


Harga : Rp.45.000,-


JURNALISME - Sebenarnya merupakan ilmu yang tidak layak dipelajari sambil "berjalan". Sebagaimana disiplin ilmu-ilmu yang lain, upaya pemahamannya harus ditempuh dengan cara-cara yang sistematik dan metodis, agar kita bisa menguasainya secara utuh.

Buku ini sekadar bahan   pengenalan yang sifatnya sangat elementer. Di dalamnya memang termuat berbagai sisi yang agak kompleks, tetapi, sebenarnya, jauh dari perfeksitas. Hal-hal yang elementer itu tadi menjadi lebih minimalis untuk proses pembelajaran dan pengamalannya.

Yang harus dipahami sejak awal, jurnalistik itu sendiri merupakan suatu kegiatan intelektual ilmiah, bukan sekadar "ilmu perjuangan" untuk kanalisasi idealisme, sebagaimana sering didengung-­dengungkan oleh para jurnalis beraliran politik.

Yang benar, idealisme yang dimaksud sebagai watak dan sikap kaum jurnalis adalah berjuang demi tegaknya kebenaran dan keadilan. Sikap itu ditunjukkan dalam praktik kerja secara profesional, ketika menyikapi suatu kejadian. 

Dalam artian kontekstual, kegiatan jurnalisme harus dimulai dengan semangat keilmuan yang kompleks. Kompleksitas ini melibatkan banyak disiplin-disiplin ilmu yang lain. Mulai dari ilmu komunikasi, edukasi, psikologi, ilmu sosial dan lain-lain, termasuk ilmu politik yang di dalamnya memuat permasalahan demokrasi. Seorang wartawan professional harus mampu juga berbicara dan menulis dengan Bahasa Indonesia yang  baik dan benar.

Buku ini awalnya sebagai bahan ajar yang disusun oleh penulis untuk kegiatan pelatihan diberbagai tempat. Melengkapi buku ini,pada bagian akhir berisi UU No.40/1999 Tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Standart Perusahaan Pers, Pedoman Pemberitaan Media Cyber, dll.

Melihat kelengkapan isinya, buku ini layak menjadi pegangan bagi siapapun yang ingin terjun ke dunia Jurnalistik, untuk menjadi wartawan yang profesional.(*)










Komentar Via Website : 1
obat herbal kanker rahim
24 Maret 2014 - 09:49:29 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)