Siaran Pers

Bangun Kerja Nyata untuk Hutan, Lingkungan dan Perubahan Iklim Berkeadilan

Administrator | Selasa, 01 Agustus 2017 - 14:42:45 WIB | dibaca: 128 pembaca

Jakarta, Parahyangan-post.com - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Senin, 31 Juli 2017. Semangat kerja nyata dalam melestarikan lingkungan hidup, dituangkan dalam puncak acara Hari Lingkungan Hidup (HLH), Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Tahun 2017 dan Pekan Nasional Perubahan Iklim (PNPI), yang akan diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) di kompleks Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, tanggal 2-4 Agustus 2017.

Dalam konferensi pers di Jakarta (31/07/2017), Sekretaris Jenderal KLHK Bambang Hendroyono, menyampaikan bahwa peringatan HLH akan dimeriahkan oleh kegiatan Kemah Generasi Lingkungan untuk Konservasi, yang akan dihadiri sekitar 500 orang peserta, serta penanaman pohon oleh Presiden R.I. sebagai Landmark Hutan Indonesia untuk Rakyat di arboretum Manggala Wanabakti.

Terkait pelaksanaan Rakernas yang mengambil tema Untuk Hutan, Lingkungan dan Perubahan Iklim Berkeadilan, Bambang menjelaskan bahwa Rakernas akan membahas bagaimana implementasi kebijakan dalam porsi hutan, lingkungan, dan perubahan iklim. 

“Melalui Rakernas, diharapkan dapat meningkatkan kinerja secara konseptual nyata, yang bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan kontribusi sektor kehutanan dan lingkungan dalam pembangunan di masyarakat,” jelas Bambang.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri LHK Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Daerah, Ilyas Asaad, menyampaikan, dalam acara puncak HLH Tahun 2017, KLHK akan memberikan penghargaan dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan, antara lain yaitu 10 Kalpataru, enam Adipura Kencana, 116 Adipura, 41 sertifikat, enam plakat, 113 Adiwiyata, dan sembilan Nirwasita Tantra.

“Penghargaan ini akan diberikan kepada perorangan, kelompok, kepala daerah dan sekolah yang telah turut berpartisipasi dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan, dan rencananya akan disampaikan secara simbolik oleh Presiden R.I. Joko Widodo,” ujar Ilyas.

Selain Menteri LHK, Rakernas akan dihadiri oleh Ketua Komisi IV DPR RI, Ketua Komisi VII DPR RI, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Menteri Keuangan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Dalam Negeri, dan para stakeholders lainnya.

Pada waktu yang bersamaan, pelaksanaan PNPI yang bertajuk Menterjemahkan National Determination Contribution (NDC) Menjadi Aksi (Translating NDC Into Actions) akan digelar untuk membangun semangat bersama seluruh stakeholders dalam aksi mitigasi dan adaptasi, sekaligus penyebarluasan informasi hasil-hasil best practices di tingkat nasional dan lokal, kepada seluruh masyarakat yang sejalan dengan Paris Agreement.

Direktur Mitigasi Perubahan Iklim, Direktorat Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), Emma Rachmawaty, menerangkan dalam kegiatan PNPI, akan disampaikan pula penghargaan kepada anggota Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api yang berprestasi. Selain itu, PNPI juga akan diisi seminar/workshop, talkshow, showcase good practices, lomba dan kompetisi, serta hiburan masyarakat dalam tema perubahan iklim.(*)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)