Nusantara

Humas Mabes Polri Gelar Pertemuan dengan Jajaran Pengelola Media Online

Administrator | Rabu, 24 Agustus 2016 - 15:55:38 WIB | dibaca: 1046 pembaca

Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar foto Bersama dengan Jajaran Pengelola Media Online (sumber foto : ist/group WA)

JAKARTA, (Parahyangan-Post.com) - Dalam rangka menjalin hubungan yang harmonis serta terciptanya hubungan kerjasama yang sinergis dan harmonis dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas, serta untuk saling bertukar informasi.


Divisi Humas Polri, Rabu (24/08/2016) melaksanakan pertemuan dengan para pimpinan dan pengelola

Media online non mainstream di Wisma Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta. Peserta pertemuan adalah para pengelola dan pemimpin media online termasuk para pelaku pewarta warga atau yang lebih dikenal dengan Citizen Jurnalism.

 

Berdasarkan data dari panitia sebanyak  107 media online ikut ambil bagian dalam pertemuan  tersebut. Acara di koordinir oleh Jappy Pellokila atau yang akrab di sapa dengan Opa Jappy pengelola Jakartanews.co . Sementara Kepala Divisi (Kadiv) Humas Mabes Polri Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar selalu tuan rumah terus memandu acara tersebut sampai selesai didampingi oleh staf dan jajaranya.

 

Dalam kata sambutanya, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol. Drs. Boy Rafli Amar sangat mengapresiasi pertemuan tersebut.

 

“Sungguh ini diluar dugaan kami, pada awal merencanakan pertemuan ini, perkiraan kami sekitar sepuluh atau dua puluh orang yang akan hadir, ternyata sampai ratusan lebih, maka kami putuskan untuk diadakan di Aula Wisma Bhayangkara ini,”jelas Kadiv Humas  Mabes Polri.

 

Lebih lanjut Boy Rafli Amar mengaskan bahwa dalam era saat ini keberadaan media online menjadi begitu penting, oleh karena itu Polri sangat mengapresiasi dan berharap keberadaan media online ini bisa menjadi mitra Polri dalam hal penyebaran luasan informasi, sesuai dengan fungsi media itu sendiri sebagai alat penyebaran informasi dan untuk ikut mencerdaskan masyarakat.

 

Sesuai dengan Nawa Cita dari Presiden Jokowi terkait dengan arah pembangunan bangsa kedepan dibutuhkan suatu suasana yang kondusif agar program program pemerintah bisa berjalan dengan baik, disinilah perlunya informasi yang benar kepada masyarakat secara luas. Untuk itu keberadaan media online yang saat ini hadir menjadi begitu penting, bisa ikut mengawal jalanya pembangunan, serta mampu memberikan saran dan kritik yang bersifat membangun.  

 

Sementara itu Koordinator Pertemuan dan Silaturahim  Divisi Humas Mabes Polri dengan Jajaran Pengelola Media Online, Jappy Pellokilla (Opa Jappy) mengatakan bermula dari rasa keprihantinan kita semua terhadap maraknya situs media online yang lebih menonjolkan pemberitaanya dengan menyampaikan hal-hal yang bisa merusak kesatuan serta persatuan berbangsa dan bernegara. Disamping itu juga masih banyaknya anggapan dari beberapa pihak terhadap media online non mainstream yang dianggap kurang profesional, asal nulis, dan lain sebagainya.

 

Padahal secara jujur dalam era informasi seperti saat ini, terkadang informasi yang tidak didapat oleh media-media mainstream justru bisa didapat dan diinfromasikan oleh rekan-rekan pengelola media online non mainstrean ini termasuk para penggiat Citizen Jurnalism.

 

Lebih lanjut Opa Jappy, setiap media online baik yang mainstream maupun non mainstream dalam pemberitannya harus berpegang pada pemoman pemberitaan media siber, UU ITE serta Edaran Kapolri tentang Ujaran Kebencian, ini yang harus kita sepakati bersama, perlu adanya wadah bersama dalam rangka menaikan mutu pemberitaan, penulisan artikel dan lain sebagainya diantara kita sesama pengelola media online.

 

Disesi akhir pertemuan, serta menyerap aspirasi dari semua yang hadir dalam sesi tanya jawab, mengemuka bahwa pertemuan semacam ini kedepannya perlu terus ditindaklanjuti, tidak berhenti pada pertemuan kali ini saja. Kadiv HumasMabes Polri, Irjen Pol. Drs.Boy Rafli Amar, langsung menyambut dengan antusias, paling tidak bisa diadakan pertemuan tiga bulan sekali semacam ini, jelasnya.

 

(w.suratman/pp)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)